Categories
Uncategorized

Apa Itu Cincau, Jenis Cincau dan Cara Membuat Cincau

Apa itu cincau ?

Cincau adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air . Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.


Kata “cincau” sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi : 仙 草, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan ( Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur ). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh.

Di indonesia sendiri, Cincau telah umum di jadikan sebagai campuran minuman. Meski bentuknya tak menarik, minuman yang satu ini rasanya sangat segar untuk dijadikan pelepas dahaga. Apalagi harganya cukup murah dan mudah didapatkan membuat cincau jadi favorit hampir setiap orang. Namun tahukah Anda bahwa cincau menyimpan khasiat bagi tubuh?
Saat ini kita mengenal dua jenis cincau di pasaran yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Konon awalnya tanaman cincau berasal dari Asia, kemudian menyebar ke India, Birma, Indocina, Philipina, hingga akhirnya sampai ke Indonesia. Meskipun sama sama cincau, namun keduanya berbeda dalam hal warna, rasa,tekstur, bahan baku, dan cara pembuatan.

perbedaan cincau hitam dan hijau
Cincau hijau terbuat dari daun cincau yaitu Cylea Barbata Myers Dimana daun yang digunakan untuk membuat cincau hijau ini haruslah yang tipis dan lemas sehingga lebih mudah diremas untuk dijadikan gelatine. Sedangkan cincau hitam berasal dari tumbuhan Mesona Palustris atau Janggelan. Daun dan batang tumbuhan tersebut menghasilkan gelatin hijau kehitaman yang membuat cincau menjadi berwarna hitam

apa manfaat cincu untuk kesehatan

Meskipun memang minim dalam soal nutrisi, tetapi mengingat dalam proses pembuatannya ditambahkan mineral dan pati, cincau hitam mengandung sejumlah mineral dan karbohidrat yang cukup lumayan. Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori dan mengandung serat. Cincau juga dipercaya bisa meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare.
Cincau juga bisa dijadikan sebagai obat maag, Berdasarkan penelitian, ia berkhasiat mencegah radang dan menurunkan produksi asam lambung. Nah, zat apa gerangan yang membuat cincau mujarab untuk sakit mag?

Dikatakan Dr. Florence C. Amato dalam Fundamentals of Medical Science for Medical Record Personel (1985), penyakit mag biasanya berawal dari makanan yang dikonsumsi tercemar bakteri atau kuman sehingga menimbulkan infeksi. Dalam kondisi serangan ringan, diagnosis penyebabnya sering tidak jelas. Tapi bisa juga ditandai dengan
muntah darah (hematemensis) berwarna hitam karena pengaruh asam lambung.

L.B. Cardenas, Lemmens, dan Horsten
dalam Medicinal and Poisonous Plants1 (1999) Daun menyebutkan, sejumlah senyawa flavonoid bersifat mencegah radang (anti-inflamatori) dan menurunkan kadar asam lambung. Senyawa flavonoid terdapat pada beberapa tumbuhan obat, seperti cincau (Premna serratifolia), camcau (Cyclea barbata), dan juga para kerabatnya dari famili Menispermaceae.

Di Indocina, daun dan akarnya sebagai obat tradisional untuk melancarkan air kencing (diuretik), gangguan lambung, dan penyakit demam. Masyarakat di India memanfaatkan daunnya untuk pengobatan radang rematik, sakit perut atau mulas (kolik), dan gas dalam perut (flatulence). Rebusan akar dan daun digunakan untuk obat demam di Semenanjung Malaysia. Di Papua Nugini sari daunnya dipakai sebagai obat batuk, sakit kepala, dan demam. Sementara masyarakat di Guam memanfaatkan teh rebusan kulit kayunya untuk pengobatan sakit saraf (neuralgia).
Sangat berkhasiat bukan??

Resep Cara Membuat Cincau
Bagaimana cara membuat cincau? Ya cincau merupakan minuman es tradisional yang populer dan menyegarkan. Cara membuat cincau ini tidak terlalu sulit bahkan bisa dibilang mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Disamping itu, bahan-bahan yang diperlukan juga sangat sederhana dan mudah sekali diperoleh dimanapun.

Peralatan yang anda butuhkan untuk membuat cincau hanya cukup membutuhkan sebuah panci atau loyang, kompor, alat pengaduk di loyang serta sebuah penyaring. Kali ini, kita akan mencoba dua resep cincau yaitu cincau hitam dan hijau, dimana bahan-bahan yang disediakan hampir sama yaitu:

Bahan cincau hitam
a. Daun cincau hitam kering + ½ kg saja (biasanya daun ini juga sering dikenal dengan daun janggelan),
b. NaOH seperlunya saja untuk mengeluarkan zat pati dalam kandungan daun cincau,
c. Tepung tapioka sesuai keinginan atau secukupnya saja,
d. Air bersih sesuai kebutuhan saja.

Bahan cincau hijau
a. Daun cincau 50-60 lembar atau secukupnya,
b. Air matang 300-400 ml atau seperlunya saja.

Setelah bahan-bahan yang diperlukan siap, maka kita bisa memulai cara membuat cincau dengan dua jenis warna berbeda ini. kita akan membuat cincau hitam dahulu dimana kita harus melakukan:

Bersihkan daun cincau hitam atau janggelan kering hingga bersih dengan air yang mengalir, sehingga nantinya bisa diperoleh zat pati yang baik dan higienis,
Panci ukuran sedang diisi air kurang lebih 10 liter atau bisa juga sesuai keinginan, semakin sedikit air maka cincau yang dihasilkan nanti akan lebih kenyal,
Jangan lupa masukkan NaOH sedikit saja. Unsur ini akan membuat zat pati yang keluar dari daun cincau jadi maksimal,

Lalu didihkan air pada panci beserta isinya, sambil diaduk pelan-pelan saja dan jangan sampai buih yang dihasilkan tumpah,
Setelah mendidih dan terlihat mengental, segera saring zat pati tersebut sehingga terbebas dari daun-daunan cincau tadi, kemudian dinginkan beberapa saat,
Setelah cukup dingin, segera campur dengan tepung tapioka secukupnya saja agar nanti bisa terbentuk seperti gel, lalu didihkan kembali sambil diaduk-aduk terus agar jangan sampai lengket,

Setelah dirasa cukup mengental dan mendidih segera angkat kemudian tuangkan dalam loyang cetakan. Diamkan selama + 8 jam,

Untuk proses pembuatan dari cincau hitam berhenti hingga proses tersebut. Setelah mendingin, maka akan terbentuk agar-agar atau gel yang bisa dipotong-potong sesuai keinginan atau selera. Sedangkan untuk resepmembuat cincau berwarna hijau, kita hanya cukup menyiapkan wadah dengan volume secukupnya. Masukkan daun cincau ke wadah setelah dibersihkan, kemudian tambahkan air seperlunya (semakin sedikit semakin kenyal nantinya). Setelah itu remas-remas daun cincau hingga keluar seperti lendir-lendir hijau. Setelah dirasa cukup, seringlah cairan tersebut kemudian dinginkan.

Setelah dingin, maka akan terbentuk gel berwarna hijau yang sering kita sebut cincau siap untuk dijadikan campuran es atau minuman lain yang anda suka. Kandungan gizi yang terkandung dalam kedua cincau ini, sangat bagus.

olahan cincau

es cpucino cxincayu
Es cincau biasanya dibuat dengan campuran sirup gula dan santan tapi ada resep minuman terbaru yang sedang populer di indonesia, dimana cappucino cincau sedang ramai-ramainya dijajahkan. biasanya sih menjajahkannya dengan harga Rp.5000. nah jika agan agan ingin mencoba membuatnya sendiri mudah banget loo.

Dari namanya saja bahannya mudah didapatkan, yang kita perlukan sudah pasti es,cappucino, & cincau serta tambahan beberapa bahan lainnya. cappucininya pun bisa anda sesuaikan dengan selera anda, karena kita akan menggunakan yang sachetan yang mudah di beli di warung-warung terdekat dari rumah anda. oh ia cincaunya juga bisa anda ganti dengan nutrijell jika tidak suka ya. simak bahan lengkapnya dibawah ini

Cappucino sachet / instansemoticon-2 Jempol
Cincau atau Nutrijell (diparut)
Gula
Es Batu
Susu Coklat
Susu Putih
Gelas Cup plastik
Pipet
Alat
Blender
emoticon-2 JempolSendokemoticon-2 Jempol

gula 2 sdm, air putih dan susu putih secukupnya ke dalam blender.Masukkan cappucino sachet ke dalam blender
Tambahkan Es batu 1 gelas,
Kemudian biarkan bahan-bahan tersebut diputar dalam blender.
Kemudian masukkan cincau yang telah di parut / diiris kedalam gelas dan juga ditambahkan susu coklat dipinggir gelas.
Kemudian jika es yang diblender bersama cappucino tadi sudah berbentuk ice cream, bisa langsung di masukkan ke gelas cup plastik.