Categories
Uncategorized

Bahaya yang ditimbulkan jika kucing terlalu gemuk

Kucing yang gemuk memang telihat lebih lucu dan menggemaskan. Namun, sama seperti manusia, kegemukan pada kucing juga dapat memicu penyakit yang berbahaya untuk kesehatan kucing. Berikut ini adalah efek buruk dan penyakit yang bisa dialami kucing yang kegemukan.

Gangguan pada sistem motorik

Seperti yang dapat diketahui, tubuh yang gemuk dapat menggangu gerak badan dan dapat membuat tubuh lamban. Hal ini sendiri juga dapat terjadi pada kucing yang mengalami obesitas.

Kegemukan yang dialami oleh kucing dapat membuat kucing bergerak dengan lambat dan berat lemak dapat menekan sendi kucing dan mengakibatkan rasa sakit. Jika hal ini didiamkan, kucing dapat pincang dan dapat menderita osteoarthritis atau peradangan tulang akibat tekanan yang berlebih.

Gangguan kulit

Siapa yang menyangka bahwa kucing kegemukan/obesitas dapat mengalami masalah kulit.
Kucing mempunyai kebiasaan untuk membersihkan diri dengan menjilat bagian tubuh, apabila kegemukan tentu saja kucing tidak dapat membersihkan area tertentu, kucing yang gemuk juga akan sangat malas untuk bergerak dan hal ini dapat mengakibatkan kulit kucing kering, berjerawat bahkan gatal-gatal. Maka dari itu Anda harus hati-hati dengan kucing yang mengalami obesitas ini.

Lihat Juga :  Cara Menjinakkan Kucing Liar Agar Bisa Dipelihara

Gagal Jantung

Kucing yang mempunyai berat berlebih sendiri akan memiliki jumlah lemak yang banyak pada otot jantung. Sehingga jantung akan bekerja dengan ekstra untuk dapat mengalirkan darah keseluruh tubuh.

Dengan jumlah lemak yang banyak ini sendiri tentu saja akan membuat kerja jantung menjadi terhambat dan dapat membuat kucing kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen dalam tubuh sendiri dapat berakibat fatal dan dapat membuat kucing terkena serangan jantung mendadak. Hal ini sendiri perlu sangat diperhatikan, karena kucing yang terkena serangan jantung tidak mudah untuk disembuhkan dan berakibat kematian.

Lihat Juga :  Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing

Batu ginjal

Kucing kegemukan/obesitas memang dapat membahayakan tubuh mereka. Sama dengan manusia yang dapat terserang infeksi saluran kemih, kucing yang memiliki berat berlebih juga dapat mengalami hal yang sama. Pada saat terkena infeksi saluran ini sendiri kucing akan kesusahan buang air kecil sehingga dapat menimbulkan batu ginjal. Hal ini sangat fatal, karena batu ginjal ini dapat menyebabkan kematian bagi kucing.

Liver

Kegemukan pada kucing sendiri juga akan membuat lemak menumpuk pada hati. Organ hati yang tertimbun lemak akan membuat fungsinya menurun, sehingga proses detokfikasi akan terganggu. Jika hal ini sendiri terjadi akan membuat kucing dapat dengan mudah terkena berbagai macam penyakit dan juga virus yang berbahaya. Kucing dapat kehilangan nafsu makan hingga hepatitis.

Distokia

Distokia adalah kondisi yang hanya ada pada kucing kegemukan/obesitas dengan jenis kelamin betina dan diberikan oleh dokter hewan. Distokia adalah kondisi di mana kucing betina sulit melahirkan akibat timbunan lemak pada pinggul dan membuat kucing susah mengejan. Jika hal ini terjadi maka akan sangat membahayakan nyawa induk dan juga bayi yang ada dalam perutnya.

Lihat Juga :  5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang Yang Patut Kamu Coba

https://okdogi.com/bahaya-kucing-gemuk/