Categories
Uncategorized

Bentar Lagi Tahun Baru, Kenali Jenis Jenis Kembang Api dan Petasan

Sebentar lagi kita akan merayakan pergantian tahun. Salah satu momen yang ditunggu tunggu saat perawayan tahun baru adalah menyalakan kembang api. Kembang api yang dinyalakan pada malam tahun baru akan membuat langit menjadi berwarna. Ada banyak jenis kembang api ataupun petasan yang bisa kita temukan di toko penjual kembang api. Berikut ini adalah jenis jenis variasi kembang api dan petasan

Baca Juga : Asal warna yang ada di kembang api

1. Petasan Cabe

 Panjangnya cuman sebesar korek api, tapi  bunyinya waktu meledak lumayan bikin telinga jadi budek . Petasan ini punya harga yang  murah dan karena itu petasan ini  yang pasti bakal lu sering ketemu.

2.Petasan Banting

Jenis petasan yang satu ini lumayan aman karena cuman mengeluarkan suara ‘tak’. Harganya juga ngga nguras kantong. Cara mainnya cuman banting  petasan ini ke tanah sekencang-kencangnya sampai nih petasan ngeluarin bunyi. Nah yang ini salah satu petasan kesukaan gua.
3. Petasan Kentut / Alladin

Kalo petasan yang lain dinyalain  bikin tetangga pada ribut, petasan yang  ini  cuman ngeluarin asap sama bau  kentut . Mungkin gara-gara baunya,  namanya jadi petasan kentut. Biasanya gua sama temen mainin petasan ini sambil ada yang pura-pura  jadi ninja atau ga jin lampu ajaib.

Lihat Juga :  Tezutsu Hanabi, Tradisi Kembang Api Unik Dari Jepang

4. Petasan Korek

Ini nih yang suka dipake anak-anak iseng buat ngagetin orang-orang di jalan. Caranya cukup disulut pake korek tunggu sampe ada asap terus lempar deh dan TARRR, semua orang bakal kaget . O ya, dikasih nama petasan korek gara-gara mirip kaya  korek api jadul .
5. Petasan Disko/Ajep-Ajep

Inilah petasan yang cocok buat lu semua yang berjiwa disko. Cukup sulut  petasan ini, dan  muncul cahaya kelap-kelip bak lampu diskotik. Petasan ini ada yang bisa meledak, ada juga yang tidak. 

6. Petasan Kupu-Kupu

Petasan ini kalau dinyalain bakal muter-muter di udara sambil ngeluarin cahaya warna-warni dan meledak. Petasan kaya gini masuk mahal lo, satu bijinya 3000 rupiah.

7. Petasan Kembang Tetes/ Hujan Perak

 Petasan ini kayanya lebih pantes disebut kembang api. Waktu disulut petasan ini  ngeluarin tetesan api yg mirip air mancur.

8. Petasan Roket

Hasil gambar untuk petasan roket

Petasan ini kalau disulut bakal terbang ke atas (kaya roket asli) trus meledak, suara ledakan nya luar biasa,  kucing segerombolan aja sampai kabur.

Lihat Juga :  Tips Aman Bermain Kembang Api

9. Petasan Gangsing

Ini petasan bentuknya mirip  gasing asli , petasan ini waktu dinyalakan bakal muter p ngeluarin percikan api. Saat paling bagus waktu ni petasan ngeluarin api warna-warni.

10. Petasan Teko

Ini nih raja dari semua petasan yg ada. Kekuatannya bener-bener luar biasa. Mungkin lebih mirip bom kali yah.
Sekali disulut siap-siap kuping jadi budek.

11. Mercon

Kalo yang ini lumayan bahaya, ledakannya setengah petasan teko. Biasanya buat ngagetin temen ato buat seneng seneng aja.
12. Kembang Api besar/ Shells/ Roman Candels

Nah yang ini biasa suka dimainin waktu tahun baru. Ketika disulut akan mengeluarkan kembang api yang indah, dulu waktu kecil paling seneng liat kembang api ini meledak di udara, ada sesuatunya gituu.

13. Kembang Api kecil

Kalo yang ini kesukaan gw, gak terlalu bahaya palingan juga luka bakar kecil. Kalo dibakar bakal ngasilin kembang api yang memukau.

13. Petasan Obor
Petasan ini ga terlalu bahaya, bentuknya lurus ada pentul warna perak sama batangnya dari kawat. Nah kalo dibakar bakal terang terangnya sama kaya lampu yang paling terang.
14. Petasan Cobra

Lihat Juga :  Kecelakaan Terbesar Karena Kembang Api

Bentuk awalnya kaya tablet, tapi inget ini bukan obat loh yah. Kalo dibakar bakal berubah mirip kotoran atau kata orang mirip uler.

Sebenarnya masih banyak sih petasan yg ada di sini, tapi kayanya tempat udah ga muat,  sama gua udah ga punya banyak waktu buat nulis, kalo mau lagi nih gua kasih nama petasan yg lain:

Baca juga : Tezutsu Hanabi, Tradisi Kembang Api Unik Dari Jepang

  • Petasan Kretek
  •  Petasan Curuk
  •  Petasan Ayam
  • Petasan Kura-kura
  • Petasan Bambu
  • Petasan LB
  • Petasan tank