Categories
Uncategorized

10 Burung Unik Yang Tidak Bisa Terbang

Burung dikenal sebagai hewan yang punya kemampuan untuk terbang. Terdapat lebih dari 8000 spesies burung didunia. Namun ternyata tidak semua burung punya kemampuan terbang. Jenis burung ini bisa disebut sebagai Flightless birds ( burung yang tidak bisa terbang ).

Flightless birds adalah burung yang melalui evolusi kehilangan kemampuan untuk untuk terbang. Berikut adalah burung burung yang tidak bisa terbang.

1.Burung unta

Burung unta atau dikenal dengan nama ilmiahnya Struthio camelus tidak punya kemampuan terbang di langit walaupun memiliki sayap.

2.Burung kasuari

Casuarius adalah salah satu dari dua genus burung di dalam suku Casuariidae. Genus ini terdiri dari tiga spesies kasuari yang berukuran sangat besar dan tidak dapat terbang.

3.Burung Kiwi

Kiwi adalah burung yang tidak dapat terbang yang endemik di Selandia Baru. Burung kiwi juga simbol nadional selandia baru.

4.Moa

Gambar moa diserang elang heast

Moa adalah burung asli Selandia Baru yang tidak dapat terbang. Moa adalah burung unik karena tidak memiliki sayap, bahkan tidak memiliki sayap kecil.

Moa adalah hewan herbivora yang makananya adalah buah, daun dll.

Moa adalah salah satu jenis burung yang sudah punah. Moa dikatakan telah punah pada tahun 1500. Kepunahan Moa di akibatka diburu oleh elang Haast, elang terbesar di dunia yang juga telah punah. Kepunahan moa diakibatkan oleh perburuan dan pembersihan hutan oleh suku Māori. Semua Moa diperkirakan tewas pada tahun 1500.

5.Pinguin

Penguin atau pinguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang dan secara umum hidup di belahan Bumi selatan.

Menurut situa WWF, Diperkirakan spesies pinguin di dunia ada sekitar 17 sampai 19 spesies. Diantara spesies tersebut, pinguin kaisar (Aptenodytes forsteri) yang paling besar dengan tinggi 1,1 meter dan berat 35 kilogram atau lebih. Pinguin punya kemampuan unik yaitu meluncur di salju menggunakan perutnya.

6.Burung Emu

Burung Emu (Dromaius novaehollandiae) ialah burung asli Australia yang terbesar, serta burung yang tak dapat terbang 

7.Burung rhea

Rhea adalah spesies burung Ratite yang merupakan genus Rhea, burung ini berasal dari Amerika Selatan. Walaupun punya sayap yang besar, Rhea adalah burung besar yang tidak dapat terbang. Tinggi rhea mencapai 5 kaki atau 1.7m

Burung rhea adalah omnivora, umumnya daun pepohonan, namun rhea juga memakan biji, akar, buah, serangga, vertebrata kecil, dan bangkai binatang.

8.Burung auk

Auk besar adalah burung besar yang tidak bisa terbang. Mereka diburu untuk diambil daging dan bulunya. Burung ini pada akhirnya mengalami kepunahan.

Nama penguin berasal dari burung auk besar, karena kata “penguin” adalah kata dalam bahasa Kelt yang berarti “auk besar”

9.Burung dodo

Dodo (Raphus cucullatus) adalah burung yang tak dapat terbang. Burung dodo adalah burung endemik pulau Mauritius, sebelah timur Madagaskar di Samudra Hindia. Burung Dodo punah antara pertengahan sampai akhir abad ke-17.

Burung takahe

Takahē (Porphyrio hochstetteri) adalah burung yang tidak bisa terbang asli Selandia Baru dari keluarga Rallidae.