Categories
Uncategorized

Jenis Jenis Pengangguran Beserta Penyebabnya

Pengangguran menjadi masalah di Indonesia. Dikutip dari setkab.go.id

Dari total angkatan kerja sebanyak 136,18 juta orang, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Februari 2019, sebanyak 129,36 juta orang adalah penduduk bekerja dan sebanyak 6,82 juta orang menganggur.

Banyak masalah yang bisa timbul karena pengangguran, seperti meningkatnya tingkat kriminalitas, kesulitan ekonomi yang membuat banyaknya orang yang meminta di jalanan.

Faktor-faktor penyebab banyaknya pengangguran

  • Faktor kemalasan
  • Faktor cacat atau usia
  • Faktor rendahnya pendidikan /keterampilan
  • Jumlah Lapangan pekerjaan yang masih kurang
  • Teknologi / mesin yang bisa mengganti tenaga manusia
  • tidak dapat memenuhi persyaratan di dunia kerja

Macam macam Pengangguran Berdasarkan Penyebabnya

Pengangguran struktural

Pengertian pengangguran struktural :Pengangguran struktural adalah pengangguran yang disebabkan oleh adanya perubahan dalam struktur perekonomian atau ketidakcocokan dalam hal keterampiian yang dimiliki oleh pencari kerja dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam perekonomian.

contoh pengangguran struktural petani yang menganggur karena negara agraris yang beralih menjadi negara industri. Petani menganggur karena tidak memiliki keahlian atau keterampilan sehingga tidak mampu bersaing di sektor industri.

Pengangguran friksional

Pengangguran friksionai adalah pengangguran yang terjadi untuk sementara waktu.

Contoh pengangguran friksional. pekerja yang beralih pekerjaan atau sengaja tidak bekeria karena menunggu tawaran pekerjaan yang lebih baik. Selama waktu menunggu itu, ia akan menganggur, saat demikian itulah ia disebut sebagai pengangguran _friksionai.

Pengangguran teknologi

Pemgertian pengangguran teknologi adalah pengangguran yang terjadi karena peran teknologi yang bisa menggantikan peran manusia.

Contoh pengangguran teknologi : penggantian buruh dengan robot

Pengangguran musiman

Pengertian Pengangguran musiman adalah pengangguran yang disebabkan oleh perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifatnya musiman

contoh pengangguran musiman : saat musim tanam, banyak permintaan terhadap tenaga petani, tapi setelah musim tanam berakhir. maka petani akan menjadi pengangguran musiman.

Pengangguran siklus

Pengertian pengangguran siklus adalah pengangguran yang disebabkan ketidakstabilan keadaan perekonomian suatu negara.

Contoh pengangguran siklus adalah PHK pemutusan hubungan kerja masal yang terjadi karena negara mengalami krisis ekonomi, dan akibatnya banyak orang yang menganggur

Pengangguran voluntary

Pengangguran voluntary adalah pengangguran yang terjadi karena ada orang yang sebenarnya masih dapat bekerja, namun dengan sukarela ia berhenti bekerja. Hal ini dapat terjadi karena ia telah mendapatkan warisan atau hal-hal lain yang membuat seseorang tidak perlu bekerja.

Pengangguran Berdasarkan Sifatnya

Pengangguran terbuka

Pengangguran terbuka adalah seseorang yang menganggur karena benar-benar tidak memiliki pekerjaan. Hal ini dapat terjadi karena kesempatan kerja yang kurang seimbang dengan angkatan kerja atau lowongan kerja yang tersedia tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. keterampilan, atau keahlian yang dimilikinya.

Pengangguran terselubung

Pengangguran terselubung adalah seseorang yang bekerja namun tidak maksimal, karena sesungguhnya tenaganya tidak begitu dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Contohnya pengangguran terselubung ialah seorang pemiliktoko kelontong mempekerjakan saudaranya yang tidak memiliki pekerjaan untuk membantunya menjaga toko walaupun sesungguhnya ia tidak membutuhkan tambahan penjaga toko.

Setengah pengangguran

Pengertian setengah pengangguran adalah Pengangguran yang terjadi apabila seseorang yaang bekerja tapi tidak dapat bekerja maksimal jika dilihat dari sisi waktu bekerjanya.

Contoh setengah pengangguran adalah Seseorang dikatakan setengah menganggur jika jam kerjanya kurang dari 40 jam per minggunya. atau jika menerima gaji/upah yang tidak mencukupi standar UMR Upah Minimum Regional