Categories
Uncategorized

Kecelakaan Terbesar Karena Kembang Api

Insiden kecelakaan akibat kembang api dan petasan yang paling banyak memakan korban jiwa. Dibalik indahnya kembang api, kembang api bisa menjadi sebuah petaka jika kita tidak berhati hati dan salah menggunakannya. Siapa yang menyangka jika percikan dari kembang api dan petasan bisa membuat bencana besar yang memakan banyak korban meninggal, luka luka dan juga kerugian materi yang besar.

Cukup sering kita melihat di televisi tentang kecelakaan yang diakibatkan oleh kembang api, seperti kebakaran ataupun ledakan di pabrik pembuatan kembang api ataupun diperumahan yang bahkan memakan korban jiwa.

Baca juga : Tips aman bermain kembang api

Banyak peristiwa peristiwa kecelakaan akibat dari kembang api dan petasan yang tercatat didalam sejarah. berikut ini adalah daftar insiden kecelakaan akibat dari kembang api yang paling banyak memakan korban jiwa

Ledakan Kembang Api Tangerang

Pada tanggal 26 Oktober 2017, serangkaian ledakan disertai kebakaran terjadi di dalam sebuah pabrik kembang api di wilayah Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia.[3][4] Sedikitnya 48 orang tewas dan 52 orang lainnya luka-luka akibat kejadian ini.
Pihak kepolisian langsung mengadakan investigasi terhadap insiden ini. Akhirnya terungkap bahwa ledakan mematikan tersebut disebabkan oleh percikan las yang mengenai bahan baku kembang api[15][10] Jenazah yang ditemukan di dalam lokasi ledakan dibawa ke Rumah Sakit Polri di Jakarta Timur untuk diidentifikasi.[16] Sementara, korban yang mengalami luka-luka dilarikan ke beberapa rumah sakit di sekitar kejadian.

Lihat Juga :  Tezutsu Hanabi, Tradisi Kembang Api Unik Dari Jepang

The Kiss nightclub fire

The Kiss nightclub fire dimulai antara pukul 02:00 dan 02:30 (BRST) [2] pada 27 Januari 2013 di Santa Maria, Rio Grande do Sul, Brasil, menewaskan 242 orang [3] dan melukai setidaknya 630 lainnya. [4] [5] [6] [7] [8] Ini adalah bencana kebakaran paling menghancurkan kedua dalam sejarah Brasil – hanya dilampaui oleh api Sirkus Amerika Utara Besar Desember 1961, yang menewaskan 503 orang di Niteroi, dan kebakaran klub malam paling mematikan sejak Desember 2000 yang menewaskan 309 orang di Luoyang, Cina. Ini juga merupakan kebakaran klub malam paling mematikan ketiga dalam sejarah, di belakang api Natal Luoyang dan api Cocoanut Grove pada tahun 1942.

Lame Horse fire

Lame Horse fire terjadi pada 5 Desember 2009, sekitar pukul 1 waktu setempat di klub malam Khromaya Loshad (bahasa Rusia: «Хромая лошадь», “Lame Horse”) di 9 Kuybyshev Street, Perm, Rusia. Api dimulai ketika percikan api dari kembang api menyulut langit-langit rendah dan ranting willow-nya. Api dengan cepat menyebar ke dinding dan merusak kabel listrik gedung, menyebabkan lampu mati. [1]

Lihat Juga :  Bentar Lagi Tahun Baru, Kenali Jenis Jenis Kembang Api dan Petasan

Lebih dari 150 orang meninggal. Menurut laporan awal, hingga 160 lainnya terluka dalam kebakaran; namun, banyak dari mereka yang terluka kehilangan nyawa di hari-hari berikutnya di rumah sakit. Klub malam itu berada di tengah perayaan ulang tahun kedelapan pada saat itu. [2] [3] [4] Sebanyak 282 orang dilaporkan telah diundang ke pesta ulang tahun klub.

República Cromañón nightclub fire

Kebakaran klub malam República Cromañón terjadi di Buenos Aires, Argentina pada 30 Desember 2004, menewaskan 194 orang dan menyebabkan setidaknya 1.492 orang terluka. [1] Tragedi itu melambangkan kegagalan pemerintah di Argentina, karena klub telah menerima izin meskipun tidak memiliki langkah-langkah dasar keselamatan kebakaran seperti alat pemadam kebakaran.

The Station nightclub fire

Kebakaran klub malam Stasiun terjadi pada hari Kamis, 20 Februari 2003, di West Warwick, Rhode Island, Amerika Serikat, menewaskan 100 orang termasuk gitaris Great White Ty Longley dan melukai 230. Kebakaran itu disebabkan oleh kembang api yang dipicu oleh manajer tur Band headlining malam itu, Great White, yang menyalakan busa akustik yang mudah terbakar di dinding dan langit-langit yang mengelilingi panggung. Nyala api mencapai flashover dalam satu menit, menyebabkan semua bahan mudah terbakar. Asap hitam pekat menyelimuti klub dalam 5½ menit. Rekaman video dari api menunjukkan pengapiannya, pertumbuhan yang cepat, asap yang mengepul yang dengan cepat membuat pelarian menjadi mustahil, dan menghalangi jalan keluar yang selanjutnya menghambat evakuasi.

Lihat Juga :  Tips Aman Bermain Kembang Api

Asap beracun, panas, dan kehancuran manusia yang dihasilkan menuju pintu keluar utama menewaskan 100 orang; 230 terluka dan 132 lainnya melarikan diri tanpa terluka. Banyak dari mereka yang selamat mengalami gangguan stres pascatrauma akibat trauma psikologis. [2] Api ini adalah yang paling mematikan keempat di sebuah klub malam dalam sejarah AS, dan yang paling mematikan kedua di New England, dilampaui oleh api Cocoanut Grove 1942 yang mengakibatkan 492 kematian.