Categories
Uncategorized

Manfaat Bunga Lavender

Bunga lavender terkenal sebagai bungan yang ditakuti oleh nyamuk sehingga sering ditanam untuk mengusir nyamuk. Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies. Namun selain mengusir nyamuk, bunga lavender memiliki manfaat dan fungsi lainnya seperti pada bidang kesehatan, kecantikan, dan lainnya

Lavender Sebagai Tanaman Hias untuk mempercantik rumah

Lavender yang bentuknya cantik bisa kamu gunakan sebagai tanaman hias yang akan membuat rumahmu menjadi lebih cantik

Lavender Sebagai Tanaman Pengusir Nyamuk

Lavender sudah dikenal sebagai tanaman yang dapat mengusir nyamuk

Pengharum

Selain bentuknya yang cantik, lavender juga punya aroma yang wangi sehingga bisa membuat ruangan menjadi harum wangi

Aromaterapi Pembebas Stres.

Aroma lavender yang harum bisa digunakan untuk membuat rilex dan menghilangkan stres

Lavender Untuk Obat

Manfaat lavender bagi kesehatan  adalah sebagai berikut

Sariawan. Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan 2 tetes minyak lavender ke area yang terkena tiga kali sehari dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat sariawan dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Nyeri haid. Pijat aromaterapi menggunakan minyak lavender dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan menstruasi pada beberapa wanita dibandingkan dengan pijat biasa.

Nyeri setelah operasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup esensi lavender saat menerima obat penghilang rasa sakit secara intravena (dengan IV) dapat membantu mengurangi rasa sakit pada wanita setelah menjalani operasi caesar.

Penelitian lain menunjukkan bahwa menghirup aroma lavender selama 3 menit setiap 6 jam dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi kebutuhan untuk menggunakan anti nyeri seperti acetaminophen setelah tonsilektomi pada anak usia 6-12 tahun.

Lavender Untuk Kecantik

Manfaat lavender untuk kecantikan antara lainnya adalah sebagai berikut

Menumbuhkan rambut

Ada beberapa bukti bahwa mengoleskan minyak lavender dalam kombinasi dengan minyak dari thyme, rosemary, dan cedarwood dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 44% setelah 7 bulan perawatan.

Mengatasi Ketombe

Selain membantu mengurangi rambut rontok, lavender oil juga terbukti dapat membantu mengatasi beberapa masalah kulit kepala, termasuk ketombe. Umumnya, rambut berketombe akan diikuti dengan rasa gatal. Nah, lavender oil dapat membantu meredakan rasa gatal sekaligus mengatasi ketombe. Hal ini berkat khasiat anti-inflamasi dan anti-fungal yang terkandung dalam lavender oil, sehingga mampu mengatasi penyebab ketombe. Selain itu, lavender oil juga bisa dimanfaatkan sebagai conditioner untuk rambut yang lebih berkilau, lho!

Dapat Digunakan Sebagai Toner untuk Merawat Kulit

Jika kamu memiliki lavender oil di rumah, kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat toner sendiri, lho! Caranya, cukup campurkan 1-2 tetes lavender oil ke dalam toner yang sudah kamu miliki atau rose water, lalu simpan ke dalam botol spray untuk digunakan setiap selesai mandi atau saat kamu ingin menyegarkan wajah. Selain menyegarkan, lavender oil juga akan membantu merawat, mengencangkan, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga wajah akan tampak segar dan sehat.

Membantu Mengatasi Jerawat

Menurut hasil studi dermatologis, minyak lavender bisa membantu menyembuhkan jerawat. Bahkan,  Minyak lavender memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antiseptik, sehingga akan membunuh bakteri yang terdapat pada jerawat.
Minyak lavender juga akan membantu mengontrol produksi minyak, dan membantu menyembuhkan luka bekas jerawat.

Detoksifikasi Kulit

Minyak lavender kaya akan antioksidan yang bisa menangkal kotoran polusi sehingga dapat merawat kulit. Kamu bisa mencari produk yang memiliki kandungan minyak lavender

Referensi

https://www.honestdocs.id/lavender
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3807173/manfaat-lavender-oil-untuk-kecantikan
https://id.wikipedia.org/wiki/Lavender