Categories
Uncategorized

Umbi Umbian Mengenyangkan Selain Singkong dan Ubi

Berikut Cemilan mengenyangkan di saat Hujan

1. Ketela



Di saat hujan turun apalagi deres banget cemilan ketela ini bisa dijadikan alternatif, untuk menghilangkan lapar, kumpul bersama keluarga, sambil makan ketela rebus, wah suasana menjadi hangat luar biasa, ketela ini ada tiga macam warna gan Sist, putih, orange dan ungu.

2. Gembili



Gembili unik bukan namanya?
Siapa yang suka gembili, makanan ini biasanya ada di desa-desa, termasuk di desa Ane Kasocikal Doro. Paling suka makan gembili bareng keluarga, kumpul di ruang tengah, sambil bercengkrama.
Gembili merupakan tanaman umbi-umbian yang sekarang sudah sulit dijumpai di pasar. Penanamannya masih cukup luas di pedesaan walaupun juga semakin terancam kelestariannya. Gembili menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Umbi biasanya direbus dan bertekstur kenyal. Warnanya isinya putih danakanan ini cukup mengenyangkan juga.

3. Talas



Berikutnya adalah talas, cemilan yang satu ini kalau di kukus rasanya kenayal, ada lengket-lengketnya. Talas memiliki kandungan nutrisi yang kaya, seperti protein, kalsium, tiamin, fosfor, riboflavin, niasin, vitamin C, dan quercetin, yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Sejumlah manfaat mengonsumsi talas adalah dapat mencegah kanker, penyakit jantung, dan menurunkan berat badan.
Makan talas bersama keluarga, bisa mempererat tali persaudaraan karena ada lengket-lengketnya. Kata sebagian orang di desa ane.


4. Ganyong



Ganyong kukus yang rasanya kenyal, enak banget Gan Sist, apalagi yang gede-gede, cara makannya ya dikupas dulu kulitnya, Ganyong ini juga mengenyangkan lho Gan Sist, siapa yang belum pernah makan? Mungkin anak jaman now ya.
Tanaman Ganyong atau disebut Ganyol di wilayah Sunda, namanya asing bagi anak-anak generasi internet. Tanaman yang namanya terkesan ndeso ini memiliki banyak manfaat baik untuk dikonsumsi sebagai penganan penganti beras atau dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Keren bukan?

Tanaman yang namanya terkesan ndeso ini memiliki nama ilmial Canna edulis Kerr. Tanaman ini umumnya dikenal dan tumbuh di pedesaan. Tanaman ganyong ini awalnya berasal dari daerah Amerika Selatan, namun sudah lama akrab di antara masyarakat Indonesia, khsusunya para petani. Seperti di desa Ane, ganyong biasanya daunnya lebar-lebar berwarna coklat ungu.
Cemilan ini juga sangat cocok dimakan di musim hujan lho. Bukan itu saja, daun ganyong yang masih muda bisa juga dibuat masakan lho seperti botok, oseng, dan campuran lodeh lho, asyik bukan.

5. Singkong





Sengaja ane tulis di posisi ke lima ada singkong rebus, siapa sih yang nggak kenal singkong, makanan ndeso yang mulai naik kasta ini. Dinikmati bersama keluarga dengan teman setia secangkir kopi, teh atau jahe membuat makanan ini terasa istimewa. Bersama keluarga memang menyenangkan.

Udah dulu ya Gan Sist, semoga bermanfaat tetap setia bersama keluarga salam hangat.